Travel Wisata Pulau Tidung

Pulau tidung wisata dan travel

E-MAIL: dinotraveling@gmail.com

TLP/SMS/WA: +6285600000344

PIN: D14FFD26 / D0E5982C

TLP/SMS/WA: +6285600000344

MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA

5 Maskapai Penerbangan Indonesia Bertarif Medium Cost


Selama ini maskapai penerbangan Indonesia menjadi transportasi andalan kita bersama. Ada segmen Full Service, seperti halnya Garuda Indonesia dan Batik Air. Dimana tarifnya sebanding dengan fasilitas ternyaman selama mengudara. Jika enggan memilih Full Service, masih banyak maskapai Low Cost Carrier (LCC), dengan tarif yang lebih terjangkau.

Meskipun demikian, saat ini segmen LCC tak bisa sepenuhnya lagi disebut penerbangan termurah. Seiring dengan peraturan Kemenhub mengenai ketentuan tarif batas bawah sebanyak 40%. Semisal rute Jakarta-Yogyakarta (430 km), batas atas Rp2.710.000 memiliki batas bawah sebesar Rp 813.000.

Dengan demikian jika dulunya tarif murah bisa diturunkan sebesarnya, maka kini kisaran harga pesawat LCC berada pada tarif medium cost. Lantas bagaimana segmen Low Cost Carrier dapat memikat pembeli tiket seperti sebelumnya?


Prinsip Efisiensi LCC

Maskapai yang bergerak di segmen low cost carrier (LCC) identik dengan prinsip sederhana, efisien, dan ringkas. Penghapusan biaya-biaya tertentu memungkinkan maskapai penerbangan Indonesia LCC menjual tiket yang murah.

Antara lain pemilihan fasilitas bandara. Untuk penghematan biasanya pesawat akan memilih bandara sekunder dibanding bandara utama. Selain itu maskapai LCC tidak menggunakan fasilitas gasbrata. Atau jembatan penghubung antara ruang tunggu penumpang ke pintu pesawat terbang.

Maskapai LCC juga memiliki strategi menekan biaya pengeluaran bahan bakar, salah satunya membuat flight plan (rencana penerbangan) yang tepat. Dengan demikian, pilot takkan menambah bahan bakar tanggung kalau tidak diperlukan. Selain itu waktu singgah di bandara atau turnarounds relatif singkat, hanya 25 menit dibanding penerbangan reguler selama 45 menit.

Berbagai cara efisiensi tersebut menjadi faktor pendukung mengapa LCC bisa menekan biaya pengeluaran. Keuntungan dari penghematan biaya dapat memberikan promo tiket murah kepada konsumennya. Alhasil persaingan tiket murah menjadi peluang untuk menarik konsumen sebanyak mungkin. Namun kini lahirnya aturan tentang tarif batas atas dan batas bawah cukup membatasi perang tarif antar maskapai penerbangan Indonesia.

Maskapai LCC menyediakan layanan berbayar di atas pesawat. Biayanya di luar harga pembelian tiket. Misalnya, makanan atau katering pesawat, layanan bagasi, memilih kursi, serta prioritas boarding. Tentunya tanpa berbagai tambahan ekstra, tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Meskipun begitu, kapasitas kabin LCC bisa memuat 148 seats. Jumlah kursinya lebih banyak dibanding maskapai reguler. Maskapai Full Service hanya menyiapkan 128 kursi untuk penumpang kelas ekonomi.


 

 

5 Maskapai Penerbangan Indonesia Tarif Medium

1. Citilink

Sebelumnya Citilink merupakan anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia. Dengan pamor perusahaan induk yang melekat pada Citilink, sejak tahun 2002 maskapai ini banyak dipilih masyarakat. Akan tetapi di tahun 2011 Citilink mulai berpisah dengan Garuda dan menjadi maskapai LCC yang independen. Hingga kini, penerbangan low cost Citilink masih menempati posisi yang terbaik di dalam negeri.

Dalam perkembangannya, Citilink telah membuka saluran informasi melalui web dan online. Keuntungan bergabung sebagai member maskapai LCC ini diantaranya diskon 3-5% untuk setiap penerbangan. Untuk mendapatkan potongan harga, tiket harus dibeli melalui web resmi Citilink.co.id dan melakukan sign in keanggotaan (member) pada saat membeli tiket.


2. Air Asia Indonesia

Air Asia merupakan maskapai LCC bertarif rendah asal Malaysia. Tragedi jatuhnya QZ8501 jurusan Surabaya-Singapura sempat mengguncang pamor penerbangan ini. Meskipun demikian, hingga kini Air Asia untuk maskapai penerbangan Indonesia, tetap menarik kepercayaan publik. Berbagai penghargaan bergengsi yang sempat diraih maskapai asal Malaysia ini, antara lain sebagai Maskapai Berbiaya Hemat Terbaik se-Asia dan Dunia.

Di Indonesia sendiri, Air Asia tidak hanya melayani rute domestik tetapi juga Asia dan Australia. Dalam penerbangan ini penumpang boleh membawa dua bagasi ke dalam kabin pesawat.

Berat maksimal tas penumpang sekitar 7 kg untuk bagasi yang bebas dari biaya tambahan. Sedangkan tambahan bagasi yang didaftarkan dapat dibeli pada saat pemesanan tiket atau ketika melakukan check-in di bandara.

Ingin terbang bersama maskapai Air Asia Indonesia? untuk info pemesanan tiket langsung dari maskapai, bisa dikunjungi halaman booking.airasia.com.

3. Lion Air

Lion air termasuk maskapai penerbangan Indonesia dengan armada terbesar namun berbiaya terjangkau. Saat ini rute Lion Air melayani segmentasi hybrid carrier, atau perpaduan antara maskapai LCC dan maskapai medium. Karenanya para penumpang dapat memilih kelas ekonomi atau bisnis.

Pada tahun 2016, Lion Air berhasil menyabet penghargaan bergengsi dari Skytrax. Dalam kategori ‘kabin terbaik kelas low cost’ di urutan ke-7 dunia. Serta ‘kursi premium terbaik di kelas low cost” dalam peringkat ke-10 se-dunia.

Untuk cara pemesanan tiket, calon penumpang bisa mendapatkannya melalui Lion Air Agent serta situs Traveloka. E-tiket Lion Air dari pemesanan di web Traveloka lebih praktis. Jika telah memesan dan mendapatkan e-tiket melalui email, maka e-tiket tersebut dapat di-print untuk kemudian dibawa pada saat check-in di bandara.


4. Wings Air

Wings Air didirikan pada tahun 2003 sebagai perpanjangan sayap Lion Air untuk melayani rute-rute regional (feeder routes) di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Wings Air hanya menawarkan kelas ekonomi saja untuk semua rute yang disediakannya. Selain rute domestik, Wings Air juga melayani penerbangan internasional ke 2 rute Pekanbaru-Malacca dan Medan-Penang.


Cara pemesanan tiket atau reservasi Wings Air bisa dilakukan melalui laman Traveloka. Proses booking hanya dilakukan dengan mengisi data penumpang. Pilih cara pembayaran, setelah transaksi, maka tiket Wings akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar tadi.

 

 

5. Sriwijaya Air

Sejak awal berdirinya, Sriwijaya Air mengambil posisi sebagai penerbangan Medium Service. Maskapai ini tidak beralih sebagai LCC maupun Full Service. Meskipun demikian, Sriwijaya Air dan anak perusahaannya, NAM AIR, tetap mempunyai beberapa pesawat di kelas bisnis. Perusahaan dengan slogan “Your Flying Partner” ini sudah melayani lebih dari 41 destinasi domestik, serta daerah wisata terpopuler di Indonesia.


Sriwijaya Air tergolong maskapai penerbangan indonesia dengan fasilitas medium. Harganya tidak terlalu tinggi, namun penumpang tetap mendapatkan fasilitas makanan ringan selama penerbangan. Bahkan terkadang harga promonya tidak lebih mahal dibandingkan maskapai LCC di segmen tiket murah.

Berminat menggunakan Sriwijaya Air untuk perjalanan berfasilitas Medium Service? Tidak perlu susah mencari cara pemesanan tiket. Maskapai penerbangan indonesia ini menyediakan tiketnya dalam situs Traveloka.com. Dapatkan harga yang cocok ke berbagai destinasi tujuan Anda bersama Sriwijaya Air.


Jangan takut Dengan Medium Cost…

Sejak penetapan tarif batas bawah sebesar 40% mulai tumbuh beragam kekhawatiran di pelanggan maskapai penerbangan LCC. Sebab agaknya tarif penerbangan promo mulai ditekan oleh tarif batas bawah. Dan bisa dikatakan jika harga tiket pesawat murah mulai menempati segmen Medium Cost.

Meskipun demikian, hingga kini maskapai penerbangan Indonesia. masih terandalkan. Selain itu, tentunya keselamatan penumpang tetap menjadi prioritas yang lebih daripada sebelumnya. Namun kita tetap bisa menikmati perjalanan antar kota dengan biaya seadanya.

Sekian info tentang maskapai penerbangan Indonesia beserta dinamikanya. Jangan lupa, pilih yang paling cocok dengan budget perjalanan Anda, untuk tujuan traveling maupun juga kepentingan lainnya.

MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA

© dutawisatatidung.com 2016 Travel wisata pulau tidung

Jembatan cinta pulau tidung
Wisata pulau pari
Wisata pulau umang
Video pantai tidung

Keindahan pulau tidung
Wisata pulau seribu
Pulau tidung resort
Travelling Keliling Indonesia

Tentang duta wisata tidung
Cara Pemesanan
kontak kami
Pesona pulau tidung