Travel Wisata Pulau Tidung

Pulau tidung wisata dan travel

E-MAIL: dinotraveling@gmail.com

TLP/SMS/WA: +6285600000344

PIN: D14FFD26 / D0E5982C

TLP/SMS/WA: +6285600000344

WISATA PULAU SERIBU

9 Pesona Unik Tempat-Tempat Wisata di Kepulauan Seribu

Asiknya menjelajah tempat-tempat wisata di Kepulauan Seribu. Hanya dengan menumpang kapal dari pelabuhan Marina Ancol atau Muara Angke. Warga Jakarta bisa menjauh dari polusi ibukota selama akhir pekan. Dan sebebasnya menikmati suasana gugus pantai yang sangat menyegarkan.

Tempat-tempat wisata di Kepulauan Seribu, seakan berlomba menawarkan wisata pantai dan lautnya yang paling sensasional. Karena itu spot snorkeling indah dan juga aman terutama untuk diving sangat sering diincar wisatawan.


Hamparan pantai dan lautan luas memang menjadi khusus bagi tempat-tempat wisata Pulau Seribu. Tapi selain itu masih banyak lagi obyek andalannya, yang bahkan menjadi ikon Kepulauan Seribu. Apa saja? Berikut ini ulasan lengkapnya!


1. Pulau Tidung-Jembatan Cinta

Pulau Tidung salah satu yang fenomenal dari tempat-tempat wisata di Pulau Seribu. Daya tarik Pulau Tidung terletak pada Jembatan Cinta. Banyak pasangan ingin membuktikan uniknya Jembatan Cinta. Mitos tentang perjodohan konon akan menjadi nyata, jika saja berani melompat ke perairan di bawah jembatan. Selain itu panorama alam di sekitarnya juga sangat memikat, terutama menjelang matahari terbenam atau sunset.

Di penghujung minggu pengelola Pulau Tidung akan menyiapkan penginapan atau homestay yang umumnya dikelola penduduk setempat. Harganya bervariasi sebab tergantung dari fasilitas homestay tersebut, sehingga Pulau Tidung ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai kalangan.


2. Pulau Pramuka, Konservasi Penyu

Ancaman kepunahan membuat hewan laut langka perlu dikonservasi. Sejumlah tempat-tempat wisata di Pulau Seribu menyiapkan rumah perlindungan tersebut. Diantaranya Pulau Pramuka, yang paling terkenal dengan wisata penangkaran penyu sisik. Penyu yang nyaris musnah ini sangat unik dengan ciri sisik-sisik tebal pada kulitnya.

Para pengunjung dapat menyentuh langsung bayi-bayi penyu (tukik), dan bertanya informasi apa saja kepada pengelolanya. Bahkan pada waktu tertentu pengunjung dipersilakan melepas tukik di pantai agar kembali ke habitat lautnya.


3. Pulau Harapan- Eksplorasi Pulau Alam

Pulau Harapan menawarkan wisata yang eksploratif, terutama untuk traveler berjiwa petualang. Karena itu Pulau Harapan ini hanya sebagai tempat menginap saja di beberapa homestay sederhana.

Perjalanan wisatawan bisa lanjut dengan perahu. Berkeliling gugus pulau kecil di sekitaran Pulau Harapan. Pulau-pulau kecil tanpa penduduk memiliki panorama pantai pasir putih yang asyik dipandang. Butiran pasirnya halus karena masih bersih alami. Spot snorkeling menjadi tempat berkumpulnya ikan-ikan kecil dibalik terumbu karang warna-warni.


Nah, eksplorasi daratan pulau alam juga tak kalah serunya. Biasanya traveler akan kembali ke Pulau Harapan setelah menyaksikan matahari terbenam. Indahnya Sunset dari salah satu pulau alam tak berpenghuni penuh dengan warna menakjubkan.

Lantas, apa saja kelompok pulau alam yang ditawarkan Pulau Harapan? Sangat beragam. Antara lain eksplorasi Pulau Bira, Pulau Semak Daun, Pulau Kayu Angin, Pulau Bulat, Pulau Bintang, Pulau Kelapa Dua, dan masih banyak lagi.

4. Pulau Putri- Sunset Cruise, Tunnel Aquarium

Ada beberapa aktivitas wisata andalan Pulau Putri untuk menikmati indahnya panorama laut biru. Bermalam di cottage dekat pantai sangat dianjurkan, sebab tak ada penginapan murah di lokasi pulau ini. Pagi harinya Anda bisa berburu pemandangan sunrise dari tepi pantai. Berlanjut dengan jalan-jalan naik glass bottom boat, semacam kapal yang beralaskan kaca tembus pandang.

Dari kaca tersebut kita dapat memandang alam bawah laut tanpa perlu melakukan snorkeling. Sama halnya tunnel aquarium yang menjadi satu-satunya terowongan bawah laut di Indonesia. Menjelang sore bersiap-siaplah memulai pelayaran sunset cruise. Selama 20 menit
pengunjung akan diajak berperahu keliling pulau. Kemudian berhenti sebentar di lokasi terbaik untuk memandang cantiknya sunset dari tengah lautan.


5. Pulau Bidadari-Pohon Jodoh dan Benteng Martello

Pulau ini lokasinya paling dekat dari Ibukota Jakarta. Keunikan wisatanya adalah pohon jodoh, seperti halnya jembatan cinta, konon bisa mengabulkan berbagai harapan tentang cinta. Namun selain mitos bernafas percintaan, tempat-tempat wisata di Pulau Seribu juga menyimpan warisan sejarah yang tinggal reruntuhan. Misalnya Benteng Martello di tengah Pulau Bidadari, suatu runtuhan benteng peninggalan Belanda. Runtuhan bersejarah lainnya juga terdapat di Pulau Onrust.

6. Pulau Pari-Mangrove di Pantai Pasir Perawan

Pulau Pari menjadi pusat penelitian dan konservasi LIPI untuk kelautan di sekeliling Taman Nasional Laut Pulau Seribu. Hijaunya pelestarian pohon mangrove bisa Anda jumpai di Pantai Pasir Perawan yang terkenal bersih menawan. Bahkan lokasi hutan mangrove dapat dikelilingi menggunakan perahu.

Tapi masih ada satu lagi keindahan di Pulau Pari, yaitu spot khusus untuk memandang matahari terbit maupun terbenam dari Dermaga Bukit Matahari. Ya, gradasi langit yang penuh warna sangat menakjubkan disaat sunrise hingga saatnya sunset!

8. Pulau Ayer Resort-Floating Cottage

Pulau Ayer merupakan resort paling unik di Kepulauan Seribu. Pulau dengan julukan “Mutiara Kepulauan Seribu” ini menawarkan sensasi menginap di floating cottage, atau cottage terapung. Uniknya lagi suasana cottage dirancang secara etnik dengan tema budaya khas Suku Asmat, Papua. Hijaunya pepohonan semakin mengharmoniskan suasana Ayer.

9. Pulau Macan dan Sepa Resort –Surga Bawah Laut

Nah, dua pulau resort yang sangat ekslusif ini, disebut-sebut sebagai surga menyelam untuk para penyuka diving. Sangat asyik juga buat snorkeling karena pantainya landai berpasir putih, ombaknya tenang dan air lautnya amat jernih menyegarkan mata. Pengunjung bisa berenang, naik banana boat atau naik kano.

Namun tentunya tempat-tempat wisata di Pulau Seribu, seperti resort Pulau Macan dan Sepa, tentu membidik harga cukup tinggi. Sebanding dengan ketenangan berwisata di dalamnya.


Pilihan Resort atau Homestay?

Jika ingin memilih pulau resort, maka Anda harus menyiapkan biaya 1,8 juta per malam. Untuk paket menginap, transportasi, makan empat kali, dan fasilitas lainnya. Sedangkan tempat-tempat wisata di Pulau Seribu, dengan homestay sederhana, mematok harga yang lebih terjangkau. Nah, jadi yang manakah pulau wisata terfavorit untuk liburan nanti? Selamat berwisata!

WISATA PULAU SERIBU

© dutawisatatidung.com 2016 Travel wisata pulau tidung

Jembatan cinta pulau tidung
Wisata pulau pari
Wisata pulau umang
Video pantai tidung

Keindahan pulau tidung
Wisata pulau seribu
Pulau tidung resort
Travelling Keliling Indonesia

Tentang duta wisata tidung
Cara Pemesanan
kontak kami
Pesona pulau tidung